Selasa, 30 Januari 2018

Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri ?

Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri ?


Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri ? - Sakit pinggang biasanya dialami oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30 hingga 50 tahun. Ketika tubuh semakin tua, maka tulang pun akan semakin rapuh dan masa obat akan menurun. Maka dari itu, sendi seperti pinggang lebih rentan mengalami cedera dan sakit. 


Katika anda merasa sakit pinggang sebelah kiri, mungkin anda akan menganggapnya hal yang biasa yang terjadi akibat kelelahan beraktivitas dan hanya memerlukan istirahat untuk menghilangkanya

Akan tetapi, pada kenyataannya, tidak semua kasus nyeri pinggang sebelah kiri disebabkan karena kelelahan saja, melainkan kondisi ini bisa saja menjadi tanda dari beberapa masalah atau gangguan kesehatan. 

Apa Saja Masalah Kesehatan Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri ?

Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa memicu seseorang mengalami sakit pinggang sebelah kiri, Diantaranya adalah :

  • Terjadinya Ketegangan pada Otot dan Robek

Melakukan aktivitas yang berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa bisa menyebabkan terjadinya ketegangan pada otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek. 

Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang sebelah kiri. Beruntungnya, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

  • Gangguan pada Ginjal

Karena letaknya di daerah pinggang, ginjal yang mengalami gangguan bisa juga menjadi salah satu sumber sakit pinggang sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini akan dirasakan di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal memiliki potensi membuat nyeri pada pinggang.

  • Cedera pada Pinggang

Tejadinya cedera pada pinggang bisa menjadikan pinggang terasa sakit yang tak tertahankan. Apabila seseorang terkana cedera pada bagian pinggang sebelah kiri, maka secara otomatis otot bagian belakang, tenton serta ligamen akan terpengaruh yang pada akhirnya bisa menyebabkan pinggang sebelah kiri terasa sakit.

  • Spinal spinosis

Terjadinya penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya syaraf tulang belakang yang kondisi ini disebut dengan spinal stenosis. Tekanan pada syaraf tulang belakang akibat spinal spinosis bisa menyebabkan kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan. 


Pada umumnya, Gejala Spinal spinosis akan bertambah semakin parah ketika kondisi tersebut dipaksakan untuk berjalam atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama.

  • Siatika

Kondisi yang disebut dengan Siatika ini disebabkan oleh tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya. 

Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu ciri umum dari siatik adalah timbulnya kesemutan atau sensasi perih yang menyertai rasa sakit.

  • Iritasi Saraf

Ketika tekanan dialami pada bagian saraf tulang belakang lalu ditambah dengan serangan infeksi, maka iritasi saraf pun terjadi. Rasa sakit yang timbul di bagian pinggang tak begitu berat dan tergolong ringan. Hanya saja, ada rasa sensasi panas seperti terbakar yang bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Rasa sakit yang ringan ini jangan sampai anda abaikan meski Anda masih bisa menahannya atau merasa baik-baik saja. Hal ini karena Ketidaknyamanan bisa bertambah ketika rasa sakit dibiarkan begitu saja. 

Hindari duduk terlalu lama, mengejan saat BAB, dan memutar tubuh supaya tak bertambah sakit. Bahkan batuk dan bersin pun bisa menjadikan rasa sakitnya meningkat ketika anda mengalami iritasi saraf.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Lainya

Selain beberapa penyebab diatas, masih ada beberapa penyebab lainya yang bisa memicu terjadinya rasa sakit pada pinggang sebelah kiri. Dan berikut ini ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada pinggang sebelah kiri, diantaranya yaitu : 

  • Faktor usia
  • Tumor fibroid.
  • peradangan pankreas.
  • Iritasi usus
  • Tukak Lambung
  • Kista Ovarium
  • Bantalan tulang terganggu

( Sumber : https://halosehat.com/ )

Itulah informasi mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang bisa Anda waspadai. Segeralah lakukan pengobatan apabila anda mengalami sakit pinggang yang sudah lama tak kunjung sembuh. 

Untuk Pengobatannya, kami menyarankan anda untuk melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat herbal walatra gamat emas kapsul yang sudah terbukti ampuh menyembuhkan sakit pinggang secara alami. 

Hal ini karena obat herbal walatra gamat emas kapsul ini terbuat dari teripang emas yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. 

Untuk mengetahui informasi mengenai obat herbal walatra gamat emas kapsul sebagai obat sakit pinggang, anda bisa mengunji situs ⇓⇓

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Sakit Pinggang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar